Bestiary

Jenis buku sejarah Abad Pertengahan dengan penjelasan dan interpretasi moral dan religius tentang binatang-binatang mitologi dan binatang yang benar-benar ada.Beberapa diantaranya; faun,orang-orang kasar dengan jari-jari enam,siren,hipocentaur,gorgon,harpy,incubi,dragopod,minotaur,lynx,chimaera,cynopale,buaya,polycaudate,ular berambut,salamander,ular viper bertanduk,kura-kura darat,ular,makhlukberkapala dua yang punggungnya bersenjatakan gigi,hyena,otter,gagak,hidrofora dengan tanduk-tanduk bergerigi,katak,grifon,leucrota,manticore,parander,hoopo,basilisk,hipnale,prester,spektafisi,kalajengking,saurian,scitale,amphisbenae,laculi,dipsase dan masih banyak lagi.

Ada banyak sumber:
1.Medieval Bestiary-disertai dengan penjelasan para penemu/pengarangnya,Isidore,Pliny tua dll.
2.Bestiary-lengkap juga tentang manusia aneh,suku,binatang dll.
3.Encyclopedia Mythica-bestiary kuno tentang makhluk mitos.

Dunia fiksi ciptaan J.R.R. Tolkien, Middle-earth, tak dapat dipungkiri telah menjadi sumber inspirasi bagi banyak orang;
termasuk diantaranya adalah para pembaca, kaum terpelajar, dan bahkan penulis yang lain. Semenjak karya berlatar belakang Middle-earth menjadi populer, novel bergenre fantasi menjadi digemari; berbagai adaptasi mulai bermunculan; dan Middle-earth menjadi subjek yang menantang bagi para periset di seluruh dunia. Semua itu bersumber pada karya-karya sebagai berikut: The Silmarillion , The Adventure of Tom Bombadil , The Hobbit, dan The Lord of the Rings.

David Day adalah salah seorang penulis yang merasa perlu untuk menghargai keberhasilan yang telah dicapai Middle-earth . Dalam bukunya Characters from Tolkien , ia menyusun sebuah riset yang menarik berdasarkan makhluk-makhluk penghuni alam Middle-earth: termasuk diantaranya flora dan fauna, manusia dan dewa-dewa, serta makhluk spiritual lainnya. Buku ini memuat segala hal yang terdapat pada Middle-earth dan The Undying Lands mulai dari masa terciptanya dunia hingga pada abad matahari keempat; dilengkapi dengan berbagai ilustrasi, peta, kejadian kronologi pada setiap abad, dan sebuah indeks merujuk pada karya asli Tolkien. Penulis telah menciptakan karya sastra yang indah; mengingat bahwa sangat tidak mudah untuk menyusun ensiklopedia berdasarkan sebuah dongeng. Yang biasa terjadi adalah kode-kode sastra menghambat seorang pembaca dalam menarik kesimpulan sesuai dengan tujuan semua yang ingin dicapai oleh penulis dalam menciptakan karyanya.

Dalam buku inipun, penulis sepertinya tidak ingin menjadikan buku ini murni sebuah ensiklopedia. Salah satu buktinya adalah pada perubahan judul dari A Tolkien Bestiary menjadi Characters from Tolkien . Selain itu, pada beberapa kasus penulis sering melibatkan hasil logikanya sendiri dalam mengeksplorasi Middle-earth . Sebagai hasilnya, ada beberapa dari keterangannya yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya dalam pemikiran Tolkien. Meskipun demikian, tidak berarti bahwa buku ini tidak layak dibaca. Sebagai contoh, tentang telcontar , penulis menjelaskannya sebagai terjemahan bahasa Quenya dari 'Strider '—pengembara—yang merupakan nama Raja Elessar semasa perang perebutan cincin pada abad matahari ketiga. Sang raja kemudian menamai tahtanya menggunakan istilah tersebut. Di kemudian hari, semua keturunannya mengakui diri mereka sebagai telcontari —yang merupakan kata jamak dari telcontar . Akan tetapi, jika kita mengkaji seluruh karya Tolkien yang bertemakan Middle-earth , tidak ditemukan penggunaaan istilah telcontari ini. Pada perkembangannya, kritikus setuju bahwa telcontari merupakan kata jamak dari telcontar ; dan penggunaannya meluas pada ensiklopedia Middle-earth yang lainnya. Masih ada beberapa lagi ketidakcocokan antara penulis dan Tolkien, akan tetapi bukan merupakan kesalahan yang fatal; sehingga bahkan mungkin pembaca sendiri tidak menyadarinya, terutama bagi kebanyakan pembaca yang mengabaikan detil-detil kecil.

Pada akhirnya, semua bergantung kepada tujuan semula dari pembaca. Untuk riset akademik, tentu saja tidak ada sumber yang lebih akurat daripada karya sastra asli yang menjadi subjek. Buku ini sendiri bersifat praktis, dengan catatan jika digunakan untuk bahan pendukung dari karya Tolkien yang asli. Hal ini dikarenakan buku ini lebih bertujuan menghibur; seperti versi pendek dari Middle-earth ciptaan Tolkien; yang bahkan mungkin tidak kalah indah. Di masa yang akan datang tidak menutup kemungkinan adanya ensiklopedia baru tentang Middle-earth yang lebih akurat, tetapi tidak mudah melupakan karya ini sebagai yang pertama yang pernah ada. Tentang reputasi, buku ini telah berbicara banyak. Semenjak debutnya di tahun 1978, berbagai cetakan ulang beserta perubahan judul telah diterbtkan.